UseCase dan ClassDiagram Traveloka app

Untuk memenuhi tugas kuliah, disini saya akan sedikit membahas tentang UseCase dan Class Diagram dari sebuah web (traveloka.com). Traveloka adalah salah satu web di Indonesia yang dapat digunakan untuk mempermudah konsumen dalam hal berpergian diantaranya memesan tikep perjalanan, pemesanan hotel , dll. Berikut tampilan depan dari traveloka.com

travel

Dalam membuat sebuah web dengan OOP, salah satu yang harus diperhatikan adalah pembuatan class diagram. Pada pembuatan class diagram, harus diperhatikan sifat-sifat yang melekat pada setiap class, apakah akan bersifat public, private, atau protected.

Berikut Usecase dari Traveloka.com

hotel

Konsumen melakukan registrasi dengan memasukkan nomor telepon atau email dan password. Kemudian operator akan mengirimkan kode verifikasi untuk dapat menyeleseikan pendaftaran akun.

Operator akan mengirimkan kode verifikasi pada saat pendaftaran sebagai langkah akhir untuk menyeleseiakan pedaftaran.

Konsumen dapat melakukan pemesanan tiket atau pemesanan hotel dengan langkah-langkah yang sudah ditentukan dan operator akan menyetujui pemesanan tersebut.

Class Diagram dari Traveloka.com

booking1

Class konsumen memiliki keterhubungan langsung dengan class registrasi karena di registrasi konsumen wajib memasukkan identitas konsumen dan operator mengelola kembali hasil registrasi konsumen.

Konsumen melakukan pendaftaran pemesanan tiket/hotel dalam class Pemesanan Tiket/Hotel dimana didalam class Pemesanan Tiket/Hotel terdapat atribut nama, No telp. Dan Email.

Setelah konsumen melakukan pemesanan, lalu konsumen akan masuk class Persetujuan Pemesanan dan Metode Pembayaran.

Operator akan menerima konfirmasi pembayaran setelah konsumen melakukan transfer sesuai dengan metode yang dipilh. Lalu konsumen akan menerima E-tiket melalui Email yang dikirim oleh Operator.

Demikian Uraian singkat mengenai Usecase dan Class Diagram Traveloka.com dari saya. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Terima Kasih.

Tinggalkan komentar